SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA....KUNJUNGI TERUS DAN DAPATKAN INFO TERBARU TENTANG HAL-HAL TERBARU SAAT INI

Kamis, 30 Desember 2010

Terima Kasih Timnas Indonesia


Berhubung beberapa waktu belakangan ini orang-orang ramai membicarakan tentang Piala AFF 2010, berikut akan saya informasikan pertandingan-pertandingan yang telah dilalui oleh timnas Sepakbola Indonesia.
Penyisihan :
- Indonesia 5 - 1 Malaysia
- Laos 0 - 6 Indonesia
- Indonesia 2 - 1 Thailand
Semifinal :
- Indonesia 1 - 0 Filipina
- Filipina 0 - 1 Indonesia
Final :
- Malaysia 3 - 0 Indonesia
- Indonesia 2 - 1 Malaysia

Pada akhirnya Indonesia hanya berhasil menjadi runner-up setelah dikalahkan oleh Malaysia di final.
Ada beberapa hal yang menarik perhatian saya dalam penyelenggaraan Piala AFF edisi tahun ini. Yang pertama ialah tingginya animo dan harapan masyarakat Indonesia akan prestasi Timnas. Kedua bangkitnya Malaysia dan Filipina sebagai kekuatan baru di ASEAN yang sepatutnya dipelajari oleh PSSI. Terakhir, performa Riedl sebagai pelatih, apakah beliau layak dipertahankan atau dipecat.

Tingginya animo masyarakat cukup heran. Seingat saya dalam turnamen AFF Indonesia sudah sering berprestasi bagus. Namun, entah kenapa dalam edisi 2010 ini, animo masyarakat dan publikasi media non-olahraga cukup besar. Dalam hal ini, publikasi medialah yang menjadi pemicu animo tersebut. Belum lagi, adanya selebritas yang ramai-ramai menyatakan diri sebagai pendukung Timnas, meski dari komentar di media tampaknya ada yang belum menguasai betul perihal olahraga sepakbola.

Secara keseluruhan, ada 2 faktor yang mempengaruhi hebohnya berita tentang timnas Indonesia :

1. Faktor Indonesia sebagai tuan rumah, dan prestasi bagusnya selama babak penyisihan menjadi publikasi utama di berbagai media. Padahal zamannya Peter Withe, kita membantar Vietnam 3-0 di kandang mereka sendiri, dan sambutannya biasa-biasa saja.
2. Faktor popularitas PSSI, tahun ini PSSI sudah menjadi bahan liputan media non-olahraga semenjak berlangsungnya KSN (Kongres Sepakbola Nasional). Dan karena itu topik-topik mengenai PSSI pun mulai menarik perhatian media-media tersebut. Puncaknya terjadi saat Piala AFF, di tengah kecaman terhadap pengurus, ternyata Timnas main bagus.

Terakhir saya ingin ucapkan selamat kepada Timnas Malaysia. Dan juga hormat kepada Timnas Indonesia karena terus terang saya sangat kagum dengan perjuangannya dalam pertandingan tadi malam. Saya berharap kedepannya Indonesia diberi kesempatan oleh Tuhan untuk berprestasi lebih baik lagi.

1 komentar:

  1. Timnas Indonesia sudah berupaya keras dalam piala AFF suzuki ini. Tapi, pada final mungkin timnas Indonesia terbawa beban bahwa Indonesia harus mampu mengalahkan Timnas Malaysia. Disinilah mental para pemain timnas diuji.

    BalasHapus